how much now

Rabu, 20 Oktober 2010

Radio Sebagai Salah Satu Sarana Komunikasi


    Radio merupan salah satu media massa yang berbentuk media elektronik audio, maksudnya adalah si penerima informasi dapat mendengar informasi dari suara(audio) yang dikeluarkan oleh radio. 
    Suara yang dihasilkan radio berasal dari pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik yang merambar atau melintas melalui udara. Dari radiasi elektromagnetik itulah gelombang radio dihasilkan. Sebuah gelombang radio memiliki bagian terkecilnya yaitu gelombang audio. Gelombang radio merambat pada frekuensi 100,000Hz-100,000,000,000Hz, sementara gelombang audio merambat pada frekuensi 20Hz-20,000Hz. Pada proses kerjanya gelombang audio ditumpangkan pada gelombang radio yang akan merambat melalui ruang angkasa. Ada dua metode transmisi gelombang audio,yaitu :
    a. Gelombang AM(Modulasi Amplitudo), yaitu gelombang yang bekerja dengan prinsip memodulasikan gelombang radio dan gelombang audio. Kedua gelombangg ini sama-sama memiliki amplitudo yang konstan. Namun proses modulasi ini kemudian mengubah amplitudo gelombang penghantar (radio) sesuai dengan amplitudo gelombang audio. Tetapi masalah AM terletak pada jenis sinyal yang ditransmisikan. Modulasi ini sangat rentan akan gangguan cuaca.

    b. Gelombang FM(modulasi Frekuensi), yaitu gelombang yang bekerja dengan prinsip yang serupa dengan AM, yaitu dengan memodulasi gelombang radio (penghantar) dengan gelombang audio. Hanya saja, pada FM proses modulasi ini menyebabkan perubahan pada frekuensi. amplitudo gelombang penghantar (radio) dibuat konstan. Modulasi frekuensi (FM) menghasilkan suara jauh lebih jernih, serta tidak terganggu oleh cuaca buruk. Semakiin tinggi pemancaar yang digunakan semakiin luas dan bagus suara yang ditangkap.

sebagai sarana komunikasi audio radio dituntut harus lebih kreatif dalam pembuaran program acara. dalam suatu program acara didalamnya terdapat suatu teamwork yang dapat mendukung suatu acara bisa mengudara, diantaranya :
 
  • Project officer ( produser): seorang produser dalam acara radio  biasanya yang memiliki ide  dari suatu program acara.
  • Announcer: adalah seorang penyiar dalam suatu program acara,  menarik atau tidaknya suatu acara tergantung pula pada seorang  penyiar.
  • sript writer: penulis naskah atau skrip yang akan d'bacakan oleh penyiar
  • Traffic order : samadengan sutradara, yang mengatur jalannya siaran ketika siaran berlangsung
  • music director : adalah seorang yang mencari dan mengarahkan pemilihan lagu yang akan disiarkan ketika acara tersebut berlangsung
  • sound engineering : adalah seorang yang bertugas mengoperatori siaran yang sedang berlangsung.
sama dengan media massa yang lainnya dalam sarana komunikasi radio berfungsi sebagai:
  1. sarana pendidikan: radio dituntut utuk dapat memberikan pendidikan sosial untuk masyarakatnya.
  2. sarana pengawasan : radio berfungsi sebagai sosial kontrol untuk masyarakat
  3. sarana informasi : radio berfungsi sebagai pembveri informasi yang diperlukan oleh masyarakat 
  4. sarana hiburan
diIndonesia sendiri khususnya radio dikelompokan menjadi 2kelompok, yaitu:
a. radio komunitas, radio ini biasanya dimiliki oleh suatu komunitas tertentu. karena hanya dalam bentuk komunitas jaringan radio ini maksimal hanya sampai 5km saja, dan dalam siaranya tidak menampilkan iklan komersil.
b. radio komersil, radio ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi secara luar kepada khalayak umum. didalam siaranya diselipkan beberapa iklan komersil dari pengiklan. untuk jaraknya bisa bermacam-macam bisa melebihi 5km.
(sumber:berbagai referensi)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar